Pengertian Ekologi


 Pengertian Ekologi
              Ekologi berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari dua kata yaiotu, oikos  yang berarti rumah atau tempat tinggal dan logos yang berarti ilmu.Dalam pembahasan ini kita kita akan mengenal tentang Ekologi dan Ekologi Laut. Pembahasan mengenai ekologi tak terlepas dari ekosistem dan dua punyusun utamanya, yaitu komponen Abiotik dan komponen Biotik. Komponen abiotik antara lain yaitu suhu, air, kelembababn, cahaya dan topografi. Sedangkan komponen biotik antara lain manusia, tumbuhan, hewan dan mikroba.
            Ekosistem adalah hubungantimbal balik antara unsur-unsur hayati dan non hayati yang membentuk suatu sistem yang disebut Ekolog.
Komponen penyusun suatu ekosistem terbagi menjadi 4, yaitu:
1. Komponen Autotrof
            Merupakan sekumpulan organisme yang mampu mensintesis makanannya sendiri  yang berupa bahan organik dari bahan non organik. Komponen inilah yang berfungsi sebagai produsen.
2. Komponen Heterotrof
            adalah organisme yang memanfaatkan bahan-bahan organik sebagai makanannya, namun bahan tersebut didapat dari organisme lain.
3. Komponen Abiotik
            Merupakan bahan tak hidup yaitu seperti komponen fisik, dan kimia seperti tanah, udara sinar matahari. Fungsi komponen abiotik adalah sebagai tempat berlangsungnya kehidupan.
4. Komponen Pengurai (dekomposer)
            Yaitu organisme heterotrof yang menguraikan bahan organik yang bersal dari organisme mati.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Metode Storet dan Metode IP (Indeks Pencemaran)

Pengertian Gelombang Dan Transformasi Gelombang

Penertian Arus Dan Sirkulasi Laut Dunia